Sabtu, 06 Juli 2013

PENYAKIT KUTIL PADA AYAM HUTAN

Ada banyak ragam penyakit pada unggas yang telah kita ketahui. dari berbagai penyakit itu ada yang disebabkan karena virus atau pun bakteri. Sebagai pemelihara/peternak unggas mestinya kita harus memahami segala jenis penyakit, tanda-tanda, pencegahan serta pengobatannya.
 


Begitu juga dengan AHH (Ayam Hutan Hijau). Ada berbagai penyakit yang serngkali menjangkit yang jika kita kategorikan ada 3 kelompok; Penyakit Pernapasan, Penyakit Pencernaan dan Penyakit Kulit. Berikut saya berikan salah satu contoh Ayam Hutan Hijau milik Mas Farih VR Raihan (no. Anggota JKT-046) yang terserang penyakit kulit (lihat gambar di atas!).

Bagi kita pemilik AHH, tentu akan merasa sangat kasihan melihat piaraan kesayangan kita terserang penyakit hingga matanya sulit terbuka seperti itu. Namun jangan terlalu larut dalam kesedihan. Yang diperlukan adalah langkah-langkah penanganan. Jika kita lihat muka Ayam HUtan itu, betapa kita bisa bayangkan rasa sakitnya. Ada yang tahu penyakit apa yang menyerang Ayam Hutan itu?

Ya, benar. Penyakit kulit. Orang menyebutnya penyakit KUTIL. Lalu bagaimana cara pengobatannya? Ada beberapa alternatif pengobatan. Dari obat yang paling mahal hingga yang gratis bisa kita dapatkan. yang jelas, yang diperlukan adalah merontokkan kulit yang rusak hingga menjadi sejenis koreng dan mengelupas setelahnya. Hal itu bisa kita atasi cukup dengan obat penyakit kulit yang berupa balsem atau pun minyak. Bisa kita gunakan minyak tanah, salep kulit 88, atau bisa juga dengan minyak tawon. Oleskan pada permukaan kulit dengan rutin setiap hari hingga luka kering dan mengelupas. Menurut Mas Yuyun Blawong, master AHH dari Solo, penyakit itu juga bisa diobati dengan minyak tanah yang dicampur kapur Bagus (kapur untuk mengusir semut/kecoa). Sedangkan Pak Thoyib (Ketua APAHI yang juga Master AHH dari Tangerang) biasa menggunakan buah pace matang agar dimakan dan sebulan kemudian penyakit akan rontok dengan sendirinya. Insya Allah tak sampai seminggu akan kembali normal.
Menurut penerawangan Pak Mono (owner Cahya Sumirat Bekisar Farm), penyakit itu disebabkan oleh gigitan nyamuk dan sejenisnya.

Demikian tips mengobati salah satu penyakit paha unggas, khususnya Ayam Hutan. Semoga bermanfaat.
Salam.

1 komentar: